Sabtu, 04 Oktober 2014

RAHASIA AWET MUDA PIMPINAN SIDANG DPR, JALANI PUASA DAUD 15 TAHUN TERAKHIR





Beberapa hari yang lalu, siaran berita televisi diramaikan oleh sosok pimpinan sidang DPR. Yaa… seorang perempuan yang sudah tidak muda lagi. Beliau adalah Ibu Popong Otje Djundjunan. Politisi asal pemilihan Jawa Barat ini yang memimpin sidang pemilihan ketua DPR hingga dini hari pada 1 Oktober 2014 lalu.
Dengan fisik yang prima dan masih terlihat segar, beberapa kali Ceu Popong berkata lebih keras agar suaranya tidak tenggelam dengan ramainya hujan interupsi yang dilancarkan anggota dewan lainnya.

Hingga pukul 03.00 WIB dini hari di tanggal 2 Oktober 2014, beliau tetap memimpin jalannya sidang (kita sebagai penonton setia hanya bisa geleng-geleng kepala melihat kelakuan bapak-bapak anggota dewan yang terhormat). Berbaju merah fanta, bersanggul dan tampak masih fit disbanding usianya. Ibu Popong menjadi anggota DPR tertua yang memimpin jalannya sidang yang dianggap penting itu. Berusia 76 tahun dan telah lima kali menjadi anggota dewan serta tercatat sudah mengikuti 62 organisasi, dari bidang politik, sosial, pendidikan dan budaya. Ibu berputera empat ini memang patut menjadi contoh bagi perempuan-perempuan muda Indonesia. Beliau tercatat juga sebagai alumnus Himpunan Mahasiswa Islam.

Perempuan asli Sunda ini memang luar biasa, jabatan terakhir beliau adalah sebagai anggota Komisi X di periode yang lalu. Tahun ini beliau terpilih kembali sebagai anggota dewan lewat dapil Jabar I. Dalam sidang yang bisa dibilang panas kemarin, beliau tetap bisa sabar dan malah mengingatkan anggota dewan lainnya agar senantiasa menjaga sikap untuk tetap sabar dengan logat sundanya yang kental.

Sebenarnya apa rahasia beliau untuk bisa tetap sehat, segar dan berstamina prima menjalani sidang yang panjang dan melelahkan? Dalam satu wawancara dengan berita online, beliau ungkapkan satu rahasia yang harusnya kita tiru. Apa itu? Beliau, Ceu Popong biasa menjalani puasa daud hampir selama lima belas tahun terakhir. 

Apa itu puasa   Daud ? 

Kita menjalankan puasa seperti biasanya, seperti puasa senin-kamis, puasa di bulan ramadhan, ya pokoknya sama rukun-rukun puasanya seperti puasa yang lainnya. Tapi puasa Daud itu puasa yang dilakukan secara berseling atau sehari puasa sehari tidak dengan secara istiqomah tidak ada batas waktunya. Puasa Daud ini bisa kita lakukan dengan niat dan keistiqomahan yang tinggi.

Banyak sekali manfaat puasa daud dalam kehidupan sehari-hari, salah satu manfaatnya yaitu membuat diri kita jarang sakit, seperti kondisi Ceu Popong yang tetap beraktifitas di usianya yang ke 76 tahun. Kenapa dengan puasa Daud kita bisa jarang sakit?
Alasannya karena pencernaan kita tidak terus menerus bekerja, sehingga pencernaan kita akan lebih teratur dalam mencerna apa yang kita makan sehari-hari. Ada lagi manfaat yang lebih besar dari itu, yaitu menjaga diri jauh uh dari kemaksiatan dengan sendirinya. Kita akan selalu ingat dengan Allah, dengan itu kita akan merasa di lihat terus oleh-Nya sehingga kita malu melakukan hal-hal yang berbau kemaksiatan.
 
Dan yang paling menakjubkan dalam mengamalkan puasa Daud ini kita selalu di beri kemudahan dikala kita mendapat kesusahan, dengan mudahnya kita mendapatkan pertolongan oleh-Nya, diberi ilmu yang istimewa entah apa itu ilmunya yang jelas ilmu itu akan datang dari kuasa Allah.

Puasa Nabi Daud ini sangat dicintai oleh Allah, dalam hadits Rasullah bersabda:
“Puasa yang lebih di cintai oleh Allah ialah puasa Daud, dan salat yang paling disukai Allah, ialah salat Daud. Beliau tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Beliau berpuasa satu hari, lalu berbuka satu hari.” (HR Bukhari Muslim)

Sepertinya kita harus segera belajar untuk istiqomah menjalankan puasa ini, mengingat manfaat dan kebaikannya bagi kita sendiri. Ceu Popong adalah bukti nyata, hasil olah laku yang selalu ingin mendekat dan menjalankan perintah-Nya. Mengapa kita yang masih muda, masih banyak kesempatan dan waktu malah menjauh dari lelaku ini? Saatnya kita mulai lebih awal dan lebih dini, agar bisa dekat dengan-Nya, lebih sehat, lebih awet muda dan yang terpenting lebih menjadi pribadi yang dicintai Allah dan makhluk-Nya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar