Sabtu, 04 Oktober 2014

JAUHI CARA CANTIK ALA INONG “MALINDA DEE”






Memiliki wajah cantik ala bintang-bintang korea saat ini banyak menjadi obsesi bagi para wanita. Hidung mancung, pipi tirus, dagu yang proporsional dan maaf, bentuk payudara yang “indah” dan bokong “penuh” menjadi daya tarik yang harus dimiliki.
Banyak artis dan para pesohor negeri ini yang berkeinginan  untuk menjadi cantik secara instan.

Adalah Inong Malinda Dee, seseorang yang sempat menjadi bahan pembicaraan masyarakat luas beberapa tahun lalu. Wanita ini memiliki wajah “sempurnanya”, dan juga masuk deretan sosialita negeri ini. Dia seorang karyawan Citibank yang terkena kasus penggelapan dana nasabahnya, dan diganjar MA dengan hukuman 8 tahun, denda 10 M subsider 3 bulan kurungan. Banyak bagian tubuh wanita ini “dipermak” habis-habisan dengan menggunakan silicon untuk membuatnya berubah bak putri dalam sekejap. Silikon itu memenuhi hidung, dahi, dagu, payudara dan bokong wanita yang sudah berumur ini.

Berita mengejutkan saya dengar dua hari lalu lewat siaran berita sebuah stasiun tv yang menyebutkan Inong “Malinda Dee” dirawat di sebuah klinik di Bandung karena silicon yang ditanam di payudara dan bokongnya melumer. Ini akibat operasi yang dilakukan satu tahun lalu. Terpaksa wanita cantik ini meninggalkan Lapas wanita Sukamiskin, Bandung untuk menjalani perawatan intensif. Sebelumnya ia dirawat dokter klinik lapas. Silikon ternyata bisa melumer dan membahayakan pemakainya.

APA ITU SILIKON DAN BAHAYANYA BAGI TUBUH

Silikon pertamakali ditemukan, digunakan sebagai bahan pembuat lem, pelumas dan untuk membuat katup jantung buatan. Ia adalah polimer nonorganik yang bervariasi, dari cairan, gel, karet, hingga sejenis plastik keras. Beberapa karakteristik khusus silikon : tak berbau, tak berwarna, kedap air, serta tak rusak akibat bahan kimia dan proses oksidasi, tahan dalam suhu tinggi, serta tidak dapat menghantarkan listrik. 

Bentuk-bentuk silikon :

  1. Cair, yang biasa digunakan untuk mengubah bentuk wajah, dari pipi, hidung, dagu, dan untuk memperbesar payudara.
  2. Gel. Silikon itu merupakan campuran antara silikon padat dan bentuk cair, digunakan sebagai bahan pengisi implan payudara; dibungkus menggunakan lembar silikon (silicones sheet) berbentuk suatu kantong (silicones bag).
  3. Padat. Terdiri atas lembar silikon untuk pembungkus implan payudara, bentuk blok, atau bentuk implan jadi (buatan pabrik) untuk suatu kegunaan tertentu (misal protesis katup jantung, testis tiruan, implan hidung dan pipi, dsb).

Mempercantik diri dengan “rekayasa silikon” ini banyak menimbulkan masalah kesehatan bagi pemakainya. Banyak yang mengalami pembengkakan di wajah dan kemerahan serta bolong-bolong karena penolakan jaringan tubuh. Ini hanya reaksi awal, pada kasus selanjutnya bisa jadi menyebabkan kerusakan paru-paru dan kerusakan otak. Bila menyerang paru-paru menjadi ancaman kematian sebesar 20%, dan bila menyerang otak bisa menjadi ancaman kematian sebesar 100%.

Silikon yang ditanam atau disuntikkan ke dalam tubuh mempunyai masa kadaluarsa, sekitar 10 tahun pemakaian. Kalau sudah mengalami kadaluarsa, harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Satu-satunya cara lewat operasi. Untuk pemakaian silikon cair, banyak mengalami kesulitan karena sudah menyatu dengan jaringan tubuh.

Inong “Malinda Dee” dan Mpok Atiek adalah contoh pesohor negeri ini yang mengalami masalah karena pemakaian silikon untuk kecantikan. Penyesalan dan rasa sakit pasti mereka rasakan. Bahkan Mpok Atiek masih menjalani operasi pengangkatan silikon dari wajahnya setelah 16 kali operasi. Terbayang berapa biaya yang harus dikeluarkan, belum lagi rasa sakit yang harus ditahan karena efek “cantik instan” ini.


INGIN CANTIK ?

Bagi kita, wanita yang sudah cantik dari sananya, lebih baik banyak-banyak bersyukur atas wajah cantik yang kita punya. Cantik itu bukan dinilai semata dari “kondisi fisik” yang kita punya. Bukan dari dagu, pipi, hidung mancung, payudara montok atau bokong yang indah. Cantik yang kita punya haruslah cerminan dari hati yang ikhlas dan bersyukur atas anugerah-Nya (cara ingin cantik luar dalam, klik disini). Tunjukkan potensi diri kita yang menjadi kekuatan kita. Buang jauh-jauh kelemahan diri yang membuat kita minder, apatis atau lemah kemauan. Dalam diri wanita pastilah punya potensi yang satu sama lain berbeda.

Untuk yang punya hobi memasak, kembangkan dan jadikan satu potensi kekuatan diri untuk lebih eksis. Untuk yang punya hobi menulis, pupuk diri selangkah demi selangkah, isi diri dengan ilmu kepenulisan dan untuk akhirnya jadilah diri lebih bermanfaat dengan menulis buku yang punya kontribusi memajukan wanita dan masyarakat.

Ladies, jangan minder karena punya wajah pas-pasan, percaya dirilah, jadikan hidupmu bermanfaat untuk banyak orang. Engkau akan menjadi wanita yang paling cantik yang dikenal banyak orang.

6 komentar:

  1. cantik itu datang dari sikap diri

    BalasHapus
  2. Pake silikon,cantiknya sebentar saja, setelah itu merana...dunia akhirat. Hadeww

    BalasHapus
  3. Silikon biasa saya pake buat bersihin mobil biar mengkilap.. hehehe

    BalasHapus
  4. Aku kok ngeri ya memasukkan benda asing ke tubuh. Hmm, kenapa juga ya orang demi sebuah kecantikan rela menyakiti diri sendiri. Bukannya ntar kalau mati jasadnya hancur.

    BalasHapus
  5. Setuju mbak, cantik itu dari hati juga dari sikap kita... tak perlu yang instan :)

    BalasHapus
  6. Yang lebih penting dan menarik adalah kecantikan yang berasal dari dalam diri...sikap dan hati yang baik.

    BalasHapus