Minggu, 14 September 2014

BEDAH BUKU “MENEMUKAN KHUSYU’ YANG HILANG”

UST. Abu Sangkan





Minggu pagi ini, 14 September 2014, saya sudah bersiap sejak pagi untuk menghadiri acara bedah buku “ Menemukan Khusyu’ yang Hilang”. Acara ini diadakan di Masjid A-Falah, oleh Tabloid Nurani bekerjasama dengan Shalat Centre Surabaya dan Lembaga Kursus Al-Falah.
Menghadirkan penulis yang sudah tidak asing lagi dan biasa membahas tentang shalat khusyu’, Ustad Abu Sangkan.

Acara dimulai pukul 09.00 wib, dengan sebelumnya diperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran oleh salah satu pengajar di lembaga Kursus Al-Quran Al-Falah. Pada periode 99 ini, LKF menerima santi dan satriwati kursus sebanyak 3450 orang, yang terbagi dalam kelas-kelas berbeda. Dan LKF secara rutin akan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing setiap 2 bulan sekali. Tujuannya adalah para santri dan santriwati mendapatkan tambahan ilmu dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT.

Sebagai kata pengantar hadir Ust. Edy Musyofah, selaku Ketua Shalat Centre Yogyakarta. Beliau menjelaskan mengapa belajar shalat itu penting? Penjelasannya :
  1. Shalat merupakan ibadah awal yang diperintahkan Allah kepada kita untuk wajib kita jalankan. Pada saat itu Rasulullah SAW masih berada di Makkah.
  2. Sesuai hadits Nabi, bahwasanya amalan yang paling awal ditanya, dihisab dan dinilai Allah adalah tentang shalat. Amalan ini yang akan menentukan nasih kita kelak di akhirat.
  3. Ibarat kereta api, shalat itu merupakan lokomotifnya. Terlihat bagus lokomotif suatu kereta api, pasti bagus juga gerbongnya. Sebaliknya, jelek kondisi suatu lokomotif, jelek juga rangkaian gerbong yang mengikutinya.
  4. Wasiat terakhir Rasulullah SAW kepada umatnya adalah tentang shalat, bukan tinggalan harta atau pembagian waris yang lain. Jangan pernah abaikan shalat, perintahkan anak-anak kita untuk shalat. Mulai ajarkan di usia 7 tahun, dan pukullah mereka bila tidak shalat di usia 10 tahun.
Selanjutnya, acara berganti dengan kehadiran pemateri utama, Ustad Abu Sangkan. Penulis buku best seller “Menemukan khusyu yang hilang” ini menceritakan tentang proses penulisan buku ini. Beliau menulis dalam kondisi sakit, dan sewaktu acara ini berlangsung, beliau meminta bantuan Ust. Edy Musyofah untuk membacakan ayat-ayat dan hadits yang menjadi rujukan penulisan buku ini.

Arti Khusyu’

Ust. Abu Sangkan menjelaskan bahwa arti kata khusyu’ adalah “takut” pada Allah SWT sebagai intinya. Khusyu’ itu bukan konsentrasi, dan juga bukan fokus.

Ilmu khusyu’ ini hampir hilang disebabkan informasi mengenai khusyu’ telah hilang di masyarakat muslim. Para tokoh agama tidak lagi ada yang berani mengajarkan, bahkan ada yang tidak percaya tentang adanya ilmu khusyu’. Keadaan ini tampak seperti yang diungkapkan Rasulullah :
“Ilmu yang pertama kali akan diangkat dari manusia yaitu khusyu’. Apabila kamu masuk masjid Jami’ hampir-hampir tidak akan melihat seorangpun yang khusyu di dalamnya.”
Khusyu’ menjadi sesuatu yang langka, tapi bukan berarti tidak bisa diraih. Al-Quran dan Hadits Nabi banyak menjelaskan hal tersebut, tapi itu menjadi hal yang langka karena jarang dijelaskan oleh tokoh-tokoh agama.

Khusyu’ itu adalah wajah yang takut dilihat Allah, matanya tertunduk dan badan gemetar karena keagungan dan kebesaran Allah. Dalam shalat khusyu itu bukan konsentrasi. Dalam shalat khusyu kita perlihatkan dengan ketenangan, ketuma’nina han kita. Ihsan kita hadirkan, bahwa kita memang tidak bisa melihat Allah, tapi kita merasa dilihat oleh Allah.

Ketika shalat, Rasulullah itu mengeluarkan air mata terus. Demikian juga shalatnya Abu Bakar, sahabat utama Rasulullah. Sehingga dalam suatu kisah, ketika Rasul sakit, yang menggantikan beliau menjadi imam shalat adalah Abu Bakar. Rasul memilih beliau karena tahu kelembutan hatinya. Hati yang selalu takut pada Allah.

Semasa pemerintahan Umar bin Khattab, ada seorang yang shalat dan mengkhusyu’-khusyu’kan diri dalam shalatnya. Leher orang itu sampai terangkat demikian juga pundaknya. Mengetahui itu Umar menegur orang tersebut dan menjelaskan bahwa khusyu’itu ada dalam hati, dan bagaimana menata hati dalam shalatnya.


Khusyu’ di hati orang beriman adalah khusyu’nya hati karena Allah, ada perasaan malu, merendahkan diri dan mengagugkan dan melihat kebesaran-kebesaran Allah.


Khusyu’nya orang munafik digambarkan Allah dalam surat An-Nisa : 142

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Khusyu’nya orang munafik itu khusyu’ yang dibuat-buat, padahal di dalam hatinya penuh dengan hidangan-hidangan syahwat, secara lahir kelihatan khusyu’, padahal dihatinya penuh dengan keinginan-keinginan.

Banyak orang shalat, tapi mengalami kecapekan dalam shalatnya. Mereka memang shalat, fisiknya melakukan gerakan shalat, tapi hatinya tidak merasa dilihat Allah. Bisa kita lihat orang shalat, dari bacaan dan gerakannya sangat cepat. Dan yang demikian ini disebut pencuri shalat. Dia tidak menghadirkan Allah dalam shalatnya.

“Sungguh sejahat-jahatnya pencuri dari kalangan manusia adalah orang yang mencuri shalatnya.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud mencuri shalatnya?” Beliau Saw berkata, “Ia tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya. Dan sungguh orang yang paling pelit (kikir) adalah orang yang pelit mengucapkan salam. (HR. Thabrani & Hakim)

Shalat yang khusyu’ adalah shalat yang tuma’ninah dalan rukuk dan sujudnya. Dalam rukuk, seolah-olah gelas itu tidak tumpah bila diletakkan diatas punggung orang yang rukuk. Tuma’ninah itu tidak cepat dan juga tidak lama dalam shalat.

Khusyu’ hilang -----Malas shalat------Kejahatan/korupsi/kejelekan akan tetap berlangsung.

Maka kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, dari hati yang tidak khusyu’ dan dari nafsu yang tidak pernah puas serta dari doa-doa yang tidak dijabah.” (HR. Muslim)
Khusyu’ itu berlaku dari kita sebelum shalat, dan berlanjut dari shalat yang satu ke shalat yang lain.

Sebagaimana digambarkan Allah dalam surat An-Nisa:103

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا
 مَوْقُوتًا

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.


Sifat-sifat Orang Mukmin

Sifat-sifat orang mukmin digambarkan Allah dalam surat Al-Anfal ayat 2-4

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُون
الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ

حَقًّا ۚ لَّهُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيم

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia." (Al-Anfal :2-4)

Orang yang khusyu’ tidak akan pelit dalam bersedekah, tidak akan hirung-hitungan dalam menolong saudaranya. Tidak akan sedih berlebihan dalam menerima ketentuan Allah yang tidak sesuai dengan keinginannya. Karena Ia yakin, semua yang terjadi adalah yang terbaik, yang diberikan Allah padanya. Dadanya lapang dan luas dalam menghadapi masalah-masalah hidup. Ia menerima kematian saudara, kesempitan hidupnya, kekurangan dirinya dengan ikhlas. Stress seakan jauh dari orang yang khusyu’, wajahnya selalu tersenyum, rasa amarah seakan jauh darinya. Hatinya penuh kelembutan, kesabaran dan selalu ingat pada Allah.

Khusyu’ dirasakannya melebihi rasa cinta pada harta dan anak-anaknya, dan orang yang khusyu akan merasakan getaran yang hebat. Cinta atau khusyu pada Allah digambarkan dalam Surat Al-Hujurat ayat 7-8 :

وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِنَ الأمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الإيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ

 وَالْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ
                                                                                                               ضْلا مِنَ اللَّهِ وَنِعْمَةً وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,

sebagai karunia dan nikmat dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.


Kesimpulan


Kesimpulan dari buku “Menghadirkan khusyu’ yang hilang,” adalah khusyu harus ada dalam shalat, dan harus dihadirkan. Shalat yang tidak khusyu’ ibarat jasad yang yang tidak ada nyawanya. Fakta bahwa shalat itu mencegah dari hal yang mungkar tidak akan terjadi bila tidak ada kekhusyu’an dalam shalat.

Ingin tahu lebih lengkap tentang isi buku ini, segera dapatkan dengan membeli buku “Menemukan khusyu’ yang hilang” di toko-toko buku terdekat.
 



5 komentar:

  1. "menemukan khusyu" yang hilang,
    Iyae MBak, saya ini yg 'hilang khusyu' alias belum bisa full khusyu saat sholat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Mbak sudah mampir...bukunya bagus sekali (bukan promosi), untuk kita setahap demi setahap meraih khusyu' yang sebenarnya.

      Hapus

  2. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Ace G316-4GB-Hitam Rp.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J1 SM-J100-4GB-Hitam Rp.700.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-

    BalasHapus
  3. Saya mengakui sendiri bahwa saya sering tidak khusyu ketika solat, smoga kita semua dapat menjadi lebih baik lagi memperbaiki solat ya mbak hehehe

    BalasHapus
  4. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
    Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
    Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
    Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
    Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

    BalasHapus