Minggu, 13 Oktober 2013

PANCARKAN PESONA CANTIK INSPIRATIFMU BERSAMA WARDAH


Usia saya saat ini  tidak muda lagi ya.. Tapi banyak yang bilang (umumnya teman-teman baru) usia saya sekitar 28 – 30 tahun. Duh senangnya dapat kortingan usia beberapa tahun. Begitu tahu usia saya sesungguhnya mereka pada bilang,”Nggak nyangka ya, Wuih… masa sih Mbak?” Saya merasa bersyukur kalau wajah saya dianggap lebih muda dari usia sebenarnya, ini berkah tersendiri dari-Nya.


Saya terbilang orang yang jarang menginjak lantai salon kecantikan, alasannya klasik sih…nggak ada duit. Bukan nggak mau cantik atau apa, tapi saya berpikir lebih baik uangnya digunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Dan untuk merawat kecantikan, bisa dilakukan sendiri dengan banyak mencari informasi di internet, blog dan media lainnya.
Dari dua kecantikan yang saya ketahui, saya berprinsip menyeimbangkan keduanya, antara cantik fisik (tampilan luar) dan cantik dalam (rohani/jiwa/spiritual). Memang cantik secara lahir dan batin adalah dambaan setiap wanita, sudah fitrahnya. Wanita ingin selalu tampil indah tapi haruslah pada batas-batas yang wajar, sesuai digariskan syar’I dan ketentuan normatif.

“Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang indah, murah hati dan menyukai kemurahan hati. Menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah.”

Tampilan luar yang cantik, badan semampai, wajah sedap dipandang, akan semakin lengkap bila pemiliknya memiliki hati yang indah juga, tujuan berhiasnya hanya untuk Allah SWT dan suaminya, perangainya baik, tutur katanya lembut, rendah hati, wajahnya berhias senyum keikhlasan, bukan paksaan. Intinya akhlak keseluruhannya juga TOP BGT (top banget). Allah saja suka padanya  apalagi manusia.

Make Up Batin Cantik Ala Saya

Saya harus merasa cantik (bukan untuk bermaksud sombong). Karena ini sebagai bentuk penghargaan tertinggi saya pada anugerah Sang Pencipta yang telah membuat saya hadir di dunia ini. Saya harus mensyukuri setiap inchi atau item apapun yang ada pada diri saya. Rasa syukur itu saya tunjukkan dengan selalu berusaha untuk memiliki hati yang cantik (akhlakul kharimah). Taat beribadah pada Allah dan Rasul-Nya, peka pada kondisi sekitar, sekecil apapun. Memperbaiki sikap dan perilaku setiap detik dan setiap saat semampu saya. Banyak berinteraksi dengan orang lain sepanjang itu positif dan tidak melanggar norma apapun. Dan menjauhi sikap yang dapat menyakiti hati dan perasaan orang lain. Intinya kita berperan sebagai “problem solving" dalam setiap kesempatan, bukan orang yang senantiasa membuat masalah.

Setiap pagi setelah sarapan pagi dan sebelum berdandan untuk berangkat ke kantor, saya membiasakan untuk berwudhu terlebih dulu. Dengan maksud, begitu tiba di kantor, habis check clock saya bisa langsung ke mushola kantor untuk melakukan shalat dhuha terlebih dulu. Sepuluh atau lima belas menit sebelum saya beraktifitas secara resmi. Saya usahakan untuk bisa menularkan kebiasaan baik ini ke teman-teman kantor yang lain, semampu saya. Alhamdulillah sudah hampir satu tahun ini, beberapa rekan mengikuti dengan shalat dhuha di kantor, istilah kerennya check clock spiritual. Gerakan shalat dhuha ini pun berhasil menggaet salah seorang manager saya untuk juga berperan aktif.

Dengan berwudhu membuat wajah bersih dan bercahaya di dunia dan di akhirat kelak (apalagi dilakukan dalam sehari lebih dari lima kali), sebagaimana sabda Rasulullah saw :

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan, dan kaki mereka bercahaya , karena bekas wudhu (HR Al Bukhari no 136 dan Muslim no 246).

Wajah yang cantik itu juga wajah yang banyak dihiasi oleh seyum tulus dan ramah, bukan dibuat-buat demi untuk mendapatkan sesuatu. Kita pasti akan senang melihat orang yang ramah, wajahnya selalu sumringah, dan tentunya akan kebalikan kalau melihat wajah yang muram, cemberut kecut dan keningnya selalu berkerut, sekalipun secara fisik wajahnya cantik. Sebagaimana dikutip dari how stuffworks, Sabtu, 4/12/2010 : Untuk kondisi cemberut di wajah diperlukan 43 otot yang bekerja, sedangkan untuk tersenyum hanya perlu 17 otot. Fakta ini memberi kita gambaran bahwa untuk tersenyum otot wajah yang diperlukan tidak sebanyak pada waktu cemberut. Manfaat lain dari senyum adalah memberi energi positif serta mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Sang pemilik senyum sudah pasti orang yang disenangi lingkungannya. 

Setiap pagi selama berjalan kaki menuju terminal Kupang, Surabaya (saya naik angkutan kota lyn W ke kantor), saya usahakan untuk selalu tersenyum, menyapa beberapa orang di sepanjang perjalanan, mereka umumnya ibu-ibu rumah tangga yang berbelanja. Walau sekedar berucap, “ Monggo Bu/ Pak…” (bahasa Jawa). Ada kedamaian di hati melihat mereka membalas senyum kita dengan senyum pula. Waktu menunggu angkutan kota memakan tempo lumayan lama. Umumnya 15 – 30 menit. Saya habiskan waktu dengan banyak  berdzikir dalam hati semampu saya, biasanya yang saya lafalkan adalah

“Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir yang artinya (Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Penolong), atau beristighfar, “Astaghfirullah”

Saya usahakan untuk membuang jauh-jauh rasa jengkel karena kelamaan nunggu angkotnya nggak datang-datang. Dengan demikian stress menjauh, waktu tidak terbuang percuma, dan malah mendapat tambahan pahala. Amin (semoga saya tetap istikomah menjalani ini semua hingga waktu yang tak terbatas, dan saya di jauhkan dari riya’ dan sombong). Saya selalu ingat janji Allah dalam surat Ar-Ra’d:28 : 

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram."

Bukankah stress dan depresi menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penuaan secara dini (Ihh, jangan kecepatan deh…)

Tetap senyum waktu menunggu "angkot" bersama teman

Selama sembilan jam beraktifitas di kantor, saya upayakan untuk tetap menjaga dzikir. Di luar waktu menelepon konsumen, saya istikomahkan untuk mengingat Allah dengan bacaan-bacaan Asmaul Husna, juga tak lupa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak-banyaknya. Dan untuk shalat Dhuhur, Ashar dan Maghrib, saya menjalankannya secara berjamaah dengan teman-teman yang lain. Indah sekali kebersamaan yang terbangun di antara kami, bila waktu shalat tiba, masing-masing segera bergegas menuju mushola untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Selama menunggu rekan yang masih wudhu, masing-masing menjalankan shalat sunnah atau berdzikir. Tidak ada batas antara pemimpin dan bawahan, kadang staff IT yang menjadi imam, di lain waktu Manager HRD yang memimpin shalat kami. Hikmah terbesar dari kebiasaan shalat berjamaah dan shalat dhuha yang kami bangun bersama-sama ini mengantarkan sebagian besar karyawan (sekitar empat belas orang termasuk saya) bisa beribadah umroh secara gratis. Baca kisah lengkapnya di mendapat hadiah umroh gratis Semua biaya ditanggung oleh Direktur utama kami secara pribadi. Allahu Akbar, kuasa-Nya tidak dapat diterjemahkan dengan akal dan logika manusia. 

Saya juga membiasakan diri untuk bangun di sepertiga malam terakhir untuk melakukan shalat tahajjud. Kebiasaan saya setel alarm handphone saya di jam 03.00 WIB hingga pukul 03.30 WIB (takut kelewatan) di malam sebelum saya tidur. Pada awal-awal dulu sering lewat, tapi setelah dijalani secara rutin (semoga istikomah selalu), kalau nggak bangun, serasa ada yang membangunkan dan cepat-cepat ke kamar mandi untuk wudhu. Saya berucap Alhamdulillah pada Allah SWT, pada beberapa bulan yang lalu saya mendapat kesempatan mengikuti pelatihan shalat tahajjud yang diadakan Lembaga Kursus Qur’an, Masjid Al Falah Surabaya yang menghadirkan pakar shalat Tahajjud, Prof Moch Sholeh, Guru besar IAIN Sunan Ampel, Surabaya. Beliau memberi materi (dan juga melakukan penelitian) tentang “terapi shalat tahajjud yang menyembuhkan berbagai penyakit” di siang hari dan prakteknya di tengah malam yang memakan waktu hampir empat jam untuk menjalani dua rakaat shalat tahajjud, dari pukul dua belas malam hingga menjelang shubuh. Banyak manfaat dan faedah yang di jabarkan , Di antaranya, pertama, untuk menjaga kesehatan. Tidak diragukan lagi, shalat tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit. Karena itu, orang-orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tak mudah terserang penyakit.
Rasulullah SAW bersabda,

"Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi).

Kedua, menjaga ketampanan atau kecantikan. Setap manusia pasti mendambakan ketampanan atau kecantikan dalam dirinya. Melalui terapi shalat tahajjud, seseorang dapat meraih apa yang didambakannya tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Yaitu, jaminan ketampanan atau kecantikan yang dihasilkan dari shalat tahajjud tidak terbatas pada tampilan lahir, juga dapat menghasilkan ketampanan atau kecantikan batin.
Rasulullah SAW bersabda,

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

Untuk menjaga berat badan tubuh, saya tidak pernah menjalani program diet, dari SMA sampai sekarang berat badan saya terbilang normal, sekitar 47,5 kg hingga 51 kg, dengan tinggi badan seimbang. Saya pun berusaha untuk makan di waktu saya benar-benar lapar. Membiasakan diri juga untuk berpuasa Senin-Kamis bila tidak ada halangan. Selain hemat, sehat, lagi berpahala. Puasa sunnah juga membuat diri lebih empati dan simpati pada kondisi orang lain. Menetralisir ego diri yang tinggi, membuat jiwa lebih peka pada lingkungan sekitar.
Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa pada orang yang berpuasa MDA (Melondealdehid) yang sifatnya radikal bebas, ternyata berkurang hingga 90%, puasa juga meningkatkan pembuatan antioksidan hingga 15%.(sumber : www.doktercantik.com) Di satu sisi radikal bebas dipangkas, di sisi lain musuh radikal bebas (antioksidan) di tingkatkan. Sehingga puasa itu terbukti sebagai obat awet muda (orisinil, bukan buatan). Menurut para pakar, yang disebut awet muda pada dasarnya adalah proses penuaan dini yang dihambat.

Saya juga meyakini  bibir wanita yang terindah adalah bibir kepunyaan seseorang yang senantiasa berdzikir, melantunkan kalam-kalam Illahi dan berusaha untuk mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Meski sudah berumur begini saya masih menimba ilmu di Lembaga Kursus Qur’an Masjid Alfalah Surabaya. Setiap Senin dan Rabu malam, sepulang dari kantor hingga pukul 21.00 WIB saya mengaji/tadarus Al Quran. Saya ingin memperbaiki kualitas bacaan Quran saya. Senang rasanya bersosialisasi dengan muslimah lain yang rata-rata ibu-ibu, baik pekerja atau ibu rumah tangga, bahkan ada yang sudah “sepuh”. Saya kagum pada semangat beliau-beliau itu. Tidak mengenal rasa malas, lelah apalagi malu, untuk  belajar Quran, meski ada yang mulai dari awal. Memang tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan yang bernilai pahala di sisi Allah. 

Tetap mengaji bersama ibu-ibu yang luar biasa

Di waktu senggang atau di luar rutinitas kerja, saya menyukai kegiatan tulis menulis dan membaca. Dua kegiatan yang tidak bisa terpisah antara satu dan lainnya. Kalau ingin menulis, harus mempunyai wawasan yang luas, dan wawasan yang luas cara mengisinya harus dengan banyak membaca. Saya menulis untuk bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dua naskah tulisan saya berhasil “mejeng” di buku antologi “Ziarah Hati” yang diterbitkan oleh salah satu penerbit dari Yogyakarta. Berisi kumpulan kisah nyata religi Islam yang dapat memperkuat iman pembacanya (dua kisah tersebut bisa dibaca dalam blog ini). Dan di sini hasil tulisan yang jadi juara di lomba blog, tahun 2013, juara II lomba blog pln, ayo dukung pln bersih dan juara I lomba lestarilah jamu Indonesia, di sini

Bersama "Kang Abik" dan Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis dalam suatu acara kepenulisan

Sebagai muslimah yang berhijab, saya ingin sekali keberadaan saya membawa manfaat untuk lingkungan sekitar, walau itu kecil. Alhamdulillah, setelah hampir empat tahun bekerja di tempat yang sekarang, semua teman wanita saya sekarang berhijab. Saya masih ingat waktu awal bergabung, teman yang berhijab hanya seorang. Seiring waktu, satu persatu dari mereka memutuskan untuk memakai hijab. Mereka cantik-cantik dan kami selalu kompak untuk berbagi antara satu dan yang lainnya. Berbagi apa saja, yang punya ilmu masak menularkan pada yang nggak bisa masak. Saya biasa berpromosi untuk membiasakan diri gemar membaca, bacaan apa saja yang bermanfaat. Buku-buku koleksi Manager HRD dibaca secara bergantian, tak terkecuali juga melibatkan para sopir dan OB gudang untuk menambah wawasan mereka.

Bersama teman-teman kerja yang cantik-cantik

Untuk infak dan sedekah, saya memposisikan diri sebagai “makelar sedekah” kecil-kecilan. Saya koordinir dana dari teman-teman kantor dari mulai OB pengiriman, sopir, staff hingga direktur utama setiap awal bulan untuk disalurkan ke Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF). Banyak manfaat yang saya rasakan dari kegiatan ini, diantaranya saya bisa kursus Quran secara gratis, bertemu dan berinteraksi antara sesama koordinator donatur perusahaan atau instansi lain, dan saya banyak memiliki teman baru.  

Uraian di atas adalah gaya make up untuk mempercantik batin ala saya, masih jauh dari sempurna, tapi saya yakin dengan upaya maksimal, mau belajar dari lingkungan dan orang lain, saya yakin suatu saat saya akan menggapai kecantikan batin yang berniatkan Lillahi ta’ala, hanya kepada Allahlah muara kita untuk menggapai ridha, rahmat, ampunan dan maghfirah-Nya. Amin. Karena untuk cantik secara jiwa tidak bisa dilakukan dalam waktu yang instan, dia butuh proses mengasah hati, terus-menerus. Kecantikan yang hakiki, yang akan maksimal terpancar meski usia terus bertambah, malah akan bertambah kuat dan bersinar. Sedang untuk memperoleh cantik secara fisik ada batas waktunya, ia akan berkurang seiring waktu yang berjalan.

Gaya Make Up untuk mempercantik diri (fisik) ala saya

Kalau bicara tentang cantik secara lahir mungkin saya tidak seperti peserta World Muslimah 2013 yang baru saja lewat. Tapi minimal saya tidak mau terlihat kusam, jorok dan tidak smart. Muslimah yang berhijab harus juga smart secara lahiriah. Berhiasnya bukan untuk mendapat pujian orang lain, kalau kondisinya sudah menikah, maka tujuan berhiasnya hanya untuk menyenangkan hati suaminya. Untuk yang masih single, tujuan berhiasnya hanya untuk Allah SWT, sebagai sarana mendekatkan diri pada-Nya.

Untuk merawat wajah, jujur saya jarang mengenal produk-produk kecantikan yang banyak beredar. Wajah saya tidak mendeteksi aneka warna kosmetika, semua berjalan secara alami. Ada satu kejadian yang tidak pernah saya lupakan, waktu itu di Mekkah, medio Februari 2013 kemarin. Di sana waktu itu musim dingin, seorang ibu-ibu yang berumur enam puluhan mengingatkan saya untuk juga memperhatikan kebersihan dan perawatan wajah. Saya disarankan untuk  menggunakan pelembab pada wajah, karena waktu itu kulit wajah saya sempat iritasi dan terlihat kering, demikian juga pada bibir saya. Waktu itu saya tidak ada persiapan sama sekali. Saya berterima kasih atas masukan ibu tersebut yang saya anggap juga kebaikan untuk saya. Sejak saat itu saya berpikir ternyata tidak cukup wajah hanya di basuh dengan sebanyak mungkin air zam-zam ataupun air wudhu, tapi juga butuh pelindung dari keganasan cuaca, sinar matahari dan perubahan kondisi alam. Saya tidak boleh egois.

Sepulang umrah, saya dikenalkan dengan produk kosmetika halal, merknya Wardah  oleh seorang teman. Memang merk ini sudah nggak asing di telinga saya, tapi keinginan untuk mengetahui dan mencoba produknya itu tidak ada sama sekali dalam pikiran saya. Benar pepatah bilang, “Tak kenal, maka tak sayang,” saya hanya menjadi penikmat iklan yang baik waktu produk ini “bersliweran” di depan mata setiap malamnya di media televisi. Antara ragu dan bimbang tentang kosmetika halal, saya dijelaskan oleh sales promotion girl counter Wardah yang ada di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya tentang beberapa produknya. Wajah SPG itu cantik dan ramah sewaktu memberi penjelasan.

Kalau memang sudah rezeki tak akan ke mana-mana. Detik demi detik saya mulai tertarik dan mulai berminat untuk menggunakan beberapa item produk kosmetika halal yang satu ini. Begitu “klik”, saya tanyakan harganya, ternyata wow tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Kosmetik ini berkelas tapi dengan harga terjangkau. Jadilah malam itu saya membeli Wardah, kosmetika berformula inovatif yang aman, halal, praktis, bahkan memenuhi kebutuhan dan selera tiap wanita, terdaftar dan bersertifikat dari LPPOM MUI. Karena apapun baik makanan, minuman atau produk kosmetika akan memberi rasa tenang dan aman pada pemakainya bila tidak melanggar hukum dan aturan agama, baik dari zatnya, cara memprosesnya dan dari cara memperolehnya. Halal is my life.

Produk kosmetika Wardah demikian memikat hati saya. Dari tampilan luarnya atau kemasannya berwarna indah, menyejukkan mata. Ingin secepatnya  mencoba dan mendulang manfaatnya. Sebagai kosmetika modern, tiap produk Wardah diracik dengan formula :
  • Non Comedogenic : tidak menyumbat pori sehingga mencegah komedo dan jerawat.
  • Oil Control : mencegah produksi minyak berlebih karena suhu panas.
  • UV Protection : mencegah efek buruk sinar UV A dan B pada kulit.
  • Non Photosensitisasi : zat pewarna yang digunakan tidak bereaksi terhadap cahaya.
Saya membeli produk Wardah tidak sekaligus, tapi bertahap. Tentunya menyesuaikan dengan budget yang saya punya. Saya prioritaskan untuk memperbaiki kelembaban dan kehalusan kulit saya terlebih dulu. Untuk wanita yang berumur seperti saya sudah pasti akan menemui kondisi kulit wajah yang kering, kusam dan cenderung timbul blackheads dan blemiss karena polusi, gaya hidup, sengatan sinar matahari atau hasil pemakaian kosmetika. Saya disarankan oleh sales promotion girl wardah memakai produk keluaran baru dari wardah yaitu Lightening Series yang white secret. Produk ini berfungsi sebagai pencerah kulit dalam waktu 28 hari.

Produk yang saya miliki terdiri skin care (perawatan kulit) dan make up decorative, berupa:


  1. Facial wash (60 ml), sabun wajah yang lembut untuk semua jenis kulit . Soap- free formula. Tidak membuat kulit kering. Formulanya banyak dianjurkan oleh dokter kulit.
  2. Lightening Milk Cleanser (150 ml), Lotion pembersih yang mengandung AHA, ekstrak Licorice dan vitamin B3. Membersihkan dan membuat kulit tampak lebih cerah. Tidak lengket dan tidak berminyak.
  3. Lightening Face Toner (150 ml), Toner dengan pH balance. Mengandung ekstrak Licorice yang membantu mencerahkan kulit kusam. Alcohol free. Tidak membuat kulit kering.
  4. Wardah White Secret Intense Brightening Essence, serum yang diformulasikan dengan konsentrat Whitening Complex, Licorice Extract, Alpha Arbutin dan vitamin B3, yang membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan AHA Natural membantu mengangkat sel kulit mati dan regenerasi sel-sel kulit. Mampu melembabkan dan memberi nutrisi kulit. Sehingga kulit tampak halus dan cerah.
  5. Wardah White Secret Day Cream, mengandung Licorice Extract dan Vit B3 untuk mencerahkan wajah. Kandungan Aloe Vera Extract dan Pro Vit B5 membantu melembabkan dan menjaga elastisitas kulit. Kandungan UV protection, Vit E sebagai antioksidan serta Mushroom Extract sebagai anti iritasi, bekerja sinergis, membantu melindungi wajah dari pengaruh sinar UV.
  6. Wardah White Secret Night Cream, membantu mencerahkan, melembabkan dan memberi nutrisi bagi kulit.
     7.  Lightening Two Way Cake Lightfeel, mencegah timbulnya flek hitam dan membuat kulit    lebih cerah dan meringkas pori sekaligus melembabkan kulit wajah.


Untuk produk decorative berupa :
1.    Matte Lipstick
Lipstick yang dapat melembabkan bibir  karena diperkaya Squalane dan Jojoba oil. Warna favorit saya bernomor 16, tidak menyolok, tapi memberi efek segar pada bibir.
2.    Exclusive Lipstick
Hadir dalam 27 warna-warna cantik yang menjadikan tampilan memukau. Tekstur yang lembut terasa sangat nyaman di bibir. Diperkaya Squalane, Jojoba oil dan vitamin E, menjaga bibir tetap lembab. Warna pilihan saya bernomor 34.
3.    Eye shadow, perona mata 3 in 1 yang mempercantik kelopak mata dengan formula Microcoated particle untuk hasil tahan lama. Tersedia dalam 14 warna. Untuk warna favorit saya berseri F,

Bersama produk Wardah favorit saya

Perawatan wajah harian yang saya lakukan menjelang tidur malam, dengan urutan sebagai berikut :
  1. Saya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan Lightening Milk Cleanser di wajah dan leher, saya ambil sedikit di telapak tangan, untuk kemudian diusapkan ke wajah sambil bersihkan wajah ke arah atas untuk mengangkat kotoran dan make up di wajah dengan menggunakan kapas bersih. Kita akan merasakan rasa ringan di wajah, aroma yang harum dan kulit yang terasa lebih bersih.
  2. Dilanjutkan dengan pemakaian facial wash, dengan menuangkan sedikit pada telapak tangan, lalu busakan dengan air. Aplikasikan pada wajah dengan pijatan ringan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.
  3. Aplikasikan Lightening Face Toner ke kapas yang bersih pada wajah dan leher yang telah dibersihkan dengan cleanser. Ini untuk mengangkat sisa-sisa milk cleanser sembari memberi kesegaran pada wajah.
  4. Tuang sedikit serum (Wardah White Secret Intense Brightening Essence) ke telapak tangan, taruh di beberapa titik wajah, dan ratakan dengan lembut. Sebaiknya hindari penggunaan di sekitar area mata dan mukosa. Serum ini hanya dipakai di malam hari.
  5. Ambil sedikit night cream, taruh di titik-titik wajah dan ratakan. Langkah ini mengakhiri rangkaian perawatan yang saya lakukan secara rutin setiap malamnya. Wajah terasa bersih, segar dan harum, dan saya siap untuk beristirahat.
Sebelum melakukan perawatan wajah di malam hari, pastikan shalat Isya sudah dikerjakan, gosok gigi juga sudah, jadi kita tidur dalam kondisi bersih dan tenang. 

Saya biasakan waktu tidur malam dalam keadaan lampu gelap, ini bukannya tanpa alasan. Menurut penelitian tidur dalam keadaan gelap akan membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh dan mencegah penuaan. Tentunya sehat dan hemat energi. Nasihat untuk tidur dalam keadaan gelap ini juga telah disampaikan Nabi Muhammad SAW sejak 14 abad yang lalu :

“Matikan lampu-lampu pada malam hari ketika engkau hendak tidur dan
     tutuplah pintu-pintu.” (HR. Bukhari Muslim)

Untuk perawatan wajah yang saya lakukan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor dari point 1 sampai 3 seperti di atas, untuk kemudian saya aplikasi dengan Wardah White Secret Day Cream, sebelum memakai riasan. 

Untuk perawatan mingguan, belum sepenuhnya saya lakukan secara rutin. Tetapi dasarnya memang rezeki, sewaktu saya bersama seorang teman kantor yang sama-sama pengguna Wardah berniat membeli produk kesayangan ini, ada event facial wajah yang di adakan oleh counter Wardah. Kami tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Jadilah wajah saya difacial treatment, dengan urutan sebagai berikut:
  1. Wajah dibersihkan dengan milk cleanser.
  2. Angkat dengan handuk basah.
  3. Ambil sedikit facial scrub untuk diaplikasikan di sekitar dahi dan dagu, pijat dengan lembut.
  4. Mix max dengan peeling untuk diaplikasikan di sekitar pipi, pijat dengan lembut.
  5. Angkat dengan handuk basah
  6. Lakukan massage dengan menuangan sedikit oil of olive di telapak tangan, dan usapkan ke seluruh wajah, dan lakukan pijatan dengan lembut. Untuk area sekitar mata dilakukan totokan untuk mengurangi kantung mata yang disebabkan karena kelelahan.
  7. Bersihkan komedo dan jerawat dengan alat khusus.
  8. Olesi wajah dengan facial mask wardah menggunakan kuas. Ratakan di seluruh wajah kecuali lingkaran mata dan bibir.
  9. Diamkan kurang lebih 20 menit.
  10. Setelah 20 menit, basahi dulu wajah dengan handuk basah (air dingin). Setelah itu angkat perlahan-lahan sampai bersih.
  11. Gunakan facial wash untuk membersihkan secara tuntas.
  12. Aplikasikan face toner pada kapas untuk memberi kesegaran pada wajah.
  13. Selesai sudah ritual perawatan secara mingguan.
Wajah bersih dan segar
Beberapa waktu setelah saya pakai produk perawatan kulit merk Wardah ini, saya menjadi semakin percaya diri, rasa minder seketika pergi menjauh. Kulit wajah saya terasa lembab, tidak kering dan hilanglah iritasi yang selama ini saya rasakan. Untuk flek-flek yang ada di wajah, menipis dengan alami. Kondisi iritasi kulit seperti sebelumnya telah berlalu. Saya ucapkan bye…bye kulit kasar, kusam dan bermasalah seperti sebelumnya. 

Gaya Make Up untuk ke kantor

Saya berangkat ke kantor 30 menit sebelum pukul 08.00 WIB pagi setiap harinya. Untuk mengawali hari, saya pastikan wajah harus segar dan cerah. Saya senang menggunakan riasan wajah yang natural, jauh dari kesan menor dan tebal. Setelah saya gunakan pelembab wajah, saya aplikasikan dengan lightening two way cake light feel warna golden beige. Bedak ini lebih tahan lama dan lebih praktis karena sudah ada foundation di dalamnya. Kemudian saya ulaskan perona mata warna favorit (seri F) ke kelopak mata. Perona warna dari wardah ini sangat saya suka, karena hasilnya bagus, terlihat natural dan yang terpenting mata saya tidak iritasi. Beda jauh dengan produk merk lain yang pernah saya coba, yang membuat kelopak mata saya sering “timbilan” (bahasa Jawa) dan gatal. Untuk selanjutnya saya bentuk alis dengan pinsil alis warna coklat tua/hitam, mengikuti bentuk alis aslinya. Dan untuk langkah akhir, saya gunakan matte lipstick atau exclusive lipstick warna favorit saya. Untuk blush on dan hanya saya gunakan untuk event khusus ke pesta pernikahan. Terakhir, saya tidak lupa menyemprotkan Flame body mist Wardah , harumnya saya suka, sangat lembut dan mewah. Menambah keanggunan dan rasa percaya diri. Dan selesai sudah make up harian saya. 

Siap beraktifitas di kantor

Percaya diri saya tumbuh semakin besar setelah menggunakan produk kosmetik Wardah. Setelah sebelumnya nggak pernah peduli dengan wajah dan kecantikan. Sampai-sampai teman kerja wanita yang non muslim memuji saya, “Bu Rini yang cantik dan baik hati (nggak boleh besar kepala ya…) sekarang tambah cantik, eye shadow dan lipsticknya bagus, kosmetiknya mahal ya?"
Nggak mbak, untuk cantik kan nggak harus mahal, saya sekarang pakai kosmetika Wardah. Mbak juga bisa pakai merk ini. Wardah hadir untuk semua umur, dari remaja hingga wanita dewasa, tidak benar kalau ada anggapan Wardah hanya diperuntukkan wanita muslim saja. Jadi nggak pake lama ya…kosmetiknya ganti sama merk Wardah.” Saya jelaskan dengan tetap tersenyum dan merayu senior tersebut untuk juga memakai produk Wardah. Teman-teman yang lain tersenyum simpul, saya berharap promosi saya kena juga ke mereka.

Tulisan terbaru : Siapkan Dirimu Sebelum Melangkah, 
 Dari Seminar Pra Nikah, banyak manfaat untuk yang masih Jomblo

Wardah menjadi penyempurna cantik saya. Cantik yang menjadikan pribadi semakin lebih bersyukur, pada apa-apa yang telah Allah anugerahkan. Dan lebih memacu untuk berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, lingkungan dan masyarakat luas. 

Hal ini sesuai dengan filosofi Wardah : Kecantikan adalah sebuah perjalanan melalui proses yang tidak instan. Seiring dengan kehidupan dan ditujukan untuk semua jenis kulit wanita. Untuk itu sesuai dengan kampanye Wardah “Earth, love, life (kecintaan pada bumi, cinta pada sesama dan juga kehidupan), Wardah mengajak wanita untuk mengekspresikan karakter cantik yang mereka miliki. Kecantikan yang membuat ia merasa mencintai diri sendiri sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. 

Tulisan ini pun saya persembahkan khusus untuk wanita-wanita Indonesia, yang memiliki kecantikan, dengan karakter dan keunikan pribadi masing-masing. Hargailah diri setinggi mungkin, buang jauh-jauh rasa minder, belajarlah pada apa saja, tingkatkan spiritualmu setinggi mungkin, bersikaplah rendah hati, segala sesuatu bukan untuk sombong-sombongan, tapi untuk menjadikan hidup lebih bermanfaat dan bernilai positif. Untuk cantik yang menginspirasi pakailah produk kosmetika halal, Wardah. Terapkan halal is my life dalam keseharian kita, dan dapatkan informasi yang menambah wawasan kita dalam Blogdetik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin

Saya dan Wardah
Tulisan terbaru : Siapkan Dirimu Sebelum Melangkah
                         (Seminar Pra Nikah yang bermanfaat)



Baca juga : PELANGI KEHIDUPAN BMI HONG KONG



 Percepatan Pembangunan Kualitas Kesehatan di Daerah Tertinggal 
                  menuju Indonesia Hebat.

                  Anak Indonesia Harus Melek Finansial Sejak Dini

                  Perempuan Melek Finansial Untuk Masa Depan Sejahtera

Sumber : http: www.wardahbeauty.com
           http : www.doktercantik.com





12 komentar:

  1. maskerannnya dimana itu banyak banget :D :) .

    BalasHapus
  2. AL-MAGFIRAH Umroh & Haji Plus
    Paket awal ramadhan 9 hari
    Hotel :-Madinah : Bahauddin 3 hr,-Makkah : Soraya Ajyad 4 hr
    Harga :-Quad : $2600,-Triple : $2700,-Double : $2800

    Paket Lailatul Qodar 16 hari
    Hotel :-Madinah : Al Saha,-Makkah : Burj Sulton
    Harga :-Quad : $3550,-Triple : $3650,-Double : $3750

    Info lebih lanjut hubungi:
    Al-Maghfirah Umroh & Haji
    Alamat: Ketintang madya 45 surabaya
    085232055501 (Dondy Yanu Arianto)
    083849030370 (Manan)
    031-34 707 707 (Kantor)
    Pin ?ßß (7CE248D6 )
    Email: almaghfirah.umrohdanhaji@gmail.com
    Web: http://www.al-maghfirah.com

    BalasHapus

  3. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Ace G316-4GB-Hitam Rp.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J1 SM-J100-4GB-Hitam Rp.700.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-

    BalasHapus
  4. Memang tidak bisa dipungkiri ya bu kalau misalnya kecantikan yang didapatkan dengan rajin berwudhu dan berzikir itu memang ampuh, beberapa orang yang rajin melakukan itu rasanya wajahnya terasa lebih ceria dan adem hehehe.. tentu saja kudu dibarengi kosmetik oke juga sih untuk tampilan fisiknya hohoho

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    BalasHapus
  6. Salam Sejahterah Bagi Kita Semua...
    Mohon Maaf Bilah Kedatangan Aku Mengganggu Namun Apa Yang Aku Tulis Ini Kisah Nyata Aku Dan Semoga Ada Nya Pesan Singkat Ini Bisa Bermanfaat Kepada Anda Semua.. Aku Sangat Berterima Kasih Banyak Kepada Teman" TKW Dan TKI Berkat PostinganNya Saya Bisa Kenal Dengan Abah Cahyono, Ternyata Beliau Guru Spiritual Yang Sering Membantu Orang Melalui Nomer Togel 4D/5D/6D, Dana Gaib, Pelaris, Pelet, DLL.. Alhamdulillah Aku Sudah Pulang Kampung Membuka Usaha Kecil"Lan Berkat Bantuan Abah Cahyono Melalui Bantuan Dana GaibNya Sebesar 1 Milyard Hidup Aku Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.. Anda Perlu Berhati Hati Sekarang Sudah Banyak Modus Penipuan Yang Mengatas Namakan Anggota Dari Abah Cahyono, Siapa Tahu Ada Teman Butuh Bantuan Beliau Silahkan Hubungi Di Nomer PribadiNya +6285213737273 Siapa Tahu Beliau Masih Bisa Membantu Anda..




    BalasHapus
  7. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus