Sabtu, 26 Oktober 2013

AYO Dukung PLN Bersih


Memperingati hari Listrik yang ke-68 pada tahun ini (27 Oktober 2013), PLN sebagai satu-satunya Perusahaan Negara sebagai pemasok tenaga listrik mengajak masyarakat untuk aktif mewujudkan PLN Bersih. Sebagai warga negara yang merasa memiliki PLN, saya berkewajiban secara pribadi untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan program tersebut lewat blog ini. 


APA ITU PLN BERSIH ?


PLN Bersih adalah salah satu terobosan luar biasa yang diupayakan BUMN bidang kelistrikan ini untuk menjalankan bisnis yang bebas dari praktek korupsi,  kolusi dan nepotisme. Tujuannya adalah terciptanya Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi. Program cegah tangkal terjadinya praktek korupsi ini diwujudkan dengan landasan empat pilar utama yang  di kenal dengan PITA, yaitu :


  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya PLN Bersih
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
Pilar pertama, partisipasi, meliputi deklarasi komitmen integritas pegawai PLN di seluruh lapisan unit dan wilayah kerja PLN. Partisipasi ini juga aktif melibatkan pihak-pihak yang terlibat kerja sama dengan pln melalui deklarasi Collective Action yang merupakan komitmen bersama (PLN, Vendor, Publik) untuk mencegah terjadinya korupsi dalam pengadaan barang dan jasa . Lebih dalam lagi, PLN dan mitra kerja ini juga harus saling mendukung lewat multistakeholder forum yang menjadi sarana komunikasi, evaluasi kualitas, akuntabilitas dan integritas dalam pengadaan barang/Jasa dan pelayanan pelanggan.

Pilar kedua, integritas, menjadikan para pegawai PLN patuh kepada Code of Ethic (CoE) dan Code of Conduct (CoC) yang berlaku di perusahaan. Implementasinya bisa seperti pegawai PLN dilarang berinteraksi dengan vendor yang berpotensi menimbulkan benturan kepentingan (conflict of interest) dan timbulnya gratifikasi melalui berbagai media terutama dan tidak sebatas seperti main golf, undian dalam suatu permainan, dan lain-lain. integritas ini juga berlaku pada proses pelayanan pelanggan melaui perbaikan indeks Integritas Layana Publik (ILP). Salah satu penerapan yang sudah berjalan melalui kemudahan proses pasang baru (PB), tambah daya (TD), dan layanan gangguan (LG) listrik yang bebas dari korupsi dan suap.

Pilar ketiga, transparansi, merupakan landasan utama bagi terciptanya iklim keterbukaan perusahaan lewat keterbukaan informasi kepada publik. Penerapan prinsip transparansi sejalan dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 yang sudah diakomodir oleh PLN lewat Keputusan Direksi Nomor 501 Tahun 2012. Keputusan mengatur tentang prosedur keterbukaan dan permintaan informasi oleh publik baik melalui media seperti internet maupun media konvensional seperti buku panduan, brosur, leaflet, dan lain-lain.

Pilar keempat, akuntabilitas, merupakan prinsip dari sikap responsif terkait dengan Complaint Handling Mechanism (CHM) untuk memberikan kesempatan pengaduan terkait pelayanan pelanggan dan pengadaaan barang/jasa, dan lain-lain. wujudnya saat ini berupa tersedianya saluran aduan telepon melalui contact center 123 dan website PLN. Selain itu juga diterapkannya mekanisme Whistle Blower System dan pengelolaan gratifikasi untuk melindungi kerahasiaan pelapor.

Sumber : www.plnbersih.com

APA ITU KORUPSI ?

Korupsi atau rasuah (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok) adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak 
Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi  memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:
  • perbuatan melawan hukum,
  • penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana,
  • memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi, dan
  • merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.
Jenis tindak pidana korupsi di antaranya, adalah
  • memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan),
  • penggelapan dalam jabatan,
  • pemerasan dalam jabatan,
  • ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara), dan
  • menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara). 
Sumber : Wikipedia

UPAYA MEWUJUDKAN PLN BERSIH

Dalam mewujudkan PLN bersih, tindakan nyata yang telah dijalankan oleh PLN adalah sebagai berikut :

  • Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN.
    Contoh : layanan pasang baru, tambah daya, pasang sementara secara online melalui website http://www.pln.co.id/pbpd/index.php
  • Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  • Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan.
    Contoh : Contact Center 123, Official Fans Page PT. PLN (Persero) dan twitter @pln_123
  • Membangun whistler blower system bagi karyawan PLN
  • Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi
  • Melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi.
Sumber : www.plnbersih.com

PLN BERSIH BUKAN BASA_BASI

Dalam mewujudkan PLN sebagai perusahaan yang sehat, bersih dan berdedikasi, bukanlah perkara mudah. Perjalanan panjang di masa orde lama yang penuh gejolak di bidang keamanan, menapaki orde baru yang sarat dengan KKN, dan era reformasi yang penuh keterbukaan seperti saat ini,menjadikan PLN sebuah perusahaan yang kaya akan pengalaman. Keinginan untuk menjadikan PLN sebagai perusahaan yang berkesinambungan hingga jangka panjang tentulah menjadi harapan semua orang. Karena PLN sebagai satu-satunya perusahaan yang menjadi pemasok tenaga listrik bagi rakyat Indonesia. Kita tentu tidak ingin PLN nantinya hilang dan diganti perusahaan asing yang tidak “Indonesia”. Kita semua ingin PLN yang bersih, bebas korupsi, bebas suap dan gratifikasi seperti kita ingin hilangnya korupsi dan konco-konconya dari bumi Indonesia yang terkenal dengan surganya para koruptor. PLN Bersih harusnya bukan hanya slogan sesaat yang diluncurkan untuk menarik simpati dan pencitraan saja. Tapi benar-benar diwujudkan dan menjadi contoh terdepan buat perusahaan-perusahaan plat merah lainnya. Secara pribadi, saya acungi jempol untuk program ini, PLN menjadi pioneer dan perusahaan yang gerah terhadap berbagai tudingan korupsi yang dialamatkan ke dirinya. Merasa saja tidak cukup, tapi segera bertindak, membenahi diri, membersihkan lingkungannya dari cap-cap gampang sekali korupsi. Itu yang belum saya lihat dari perusahaan-perusahaan plat merah lainnya.

Sudah saatnya perlawanan terhadap tindakan-tindakan yang dikategorikan bermuatan korupsi dilakukan. Kita harus jengah, malu dan merasa bukan manusia yang beradab bila bersinggungan dengan korupsi. Karena korupsi tidak mengenal dia seorang yang alim, berpenampilan kalem, berpendidikan rendah atau setinggi langit, bergaya santun atau bahkan dia seorang professor. Godaan korupsi berbaju sangat indah, merayu dengan halus, mengajak orang untuk menikmatinya, menjerat siapa saja dengan alasan untuk menjadikan seseorang “berharga” di antara lainnya. Hidup berkecukupan, penampilan mentereng, sekolah setinggi mungkin dan lulusan luar negeri, Hidup yang dipandang terhormat dengan kekayaan yang di punya. Tapi, semua hanya semu, karena itu semua hanya perbedaan cara pandang. Yok ubah mindset, bahwa seseorang harus dihargai bukan karena kekayaan dan segala sesuatu yang dia punyai, tapi dari kesederhanaannya, perilaku hidupnya yang membawa kebaikan bagi orang lain.



DUKUNGAN SAYA UNTUK PLN BERSIH

Sebagai blogger dan warga Indonesia yang baik, saya pun berkewajiban memberi sumbangsih untuk mewujudkan PLN BERSIH, saya berpendapat upaya  yang dilakukan PLN untuk lingkungan internalnya adalah sebagai berikut:


1. Pimpinan Tegas sekaligus Tokoh Panutan,

PLN sebagai perusahaan besar yang mewadahi lebih dari 47.000 karyawan, dengan berbagai karakter, pola pikir, asal usul dan tingkat pendidikan, haruslah mempunyai Pimpinan yang mempunyai integritas, leadhersip, dan attitude yang tinggi. Harus mampu menjadi penggerak dan motivator utama dalam teamnya, yang diwujudkan secara nyata dalam tindakan dan kepemimpinannya. Pimpinan tegas dan berintegritas tinggi itu tidak hanya di level Direksi atau Manager saja, tapi melingkupi pimpinan setiap unit bisnis hingga tingkat paling kecil yang ada di PLN. Beruntung, PLN mempunya seorang Nur Pamudji, Direktur utama PLN sekarang yang dianugerahi Bung Hatta Anti Corruption Award (BHCA) tahun 2013. Ini merupakan bukti nyata seorang Pimpinan yang anti korupsi dan mempunyai komitmen tinggi untuk mewujudkan Good Corporate Governance  (GCG). Sikap no korupsi, no suap dan no gratifikasi harus menjadi “roh dan jiwa” setiap individu pegawai PLN. Pimpinan harus menjadi contoh dan panutan untuk karyawan di bawahnya.   

Dirut PLN, Bp. Nur Pamudji

2. Penyelesaian Masalah Beda Status Karyawan PLN
Karyawan PLN tidak semuanya adalah pegawai tetap. Saat ini ada sekitar 40.000 tenaga outsourcing di PLN. Sedang total pegawai PLN sekitar 47.000 orang. 40.000 orang tenaga outsourcing ini mulai dari pencatat meter, pemutusan, customer service, penyambungan, pemeliharaan gangguan sampai operasi penertiban aliran listrik (opal). Antara pegawai tetap dan kontrakan di manapun tempatnya pastilah terjadi gesekan-gesekan dari hal-hal kecil hingga besar. Harus ada satu visi diantara pegawai PLN, baik tetap ataupun kontrakan untuk menjunjung tinggi nama baik PLN. Kecemburuan harus dieliminir sekecil mungkin. Yang harus diselesaikan oleh PLN dalam waktu dekat ini adalah mengenai nasib tenaga outsourcing yang tidak kecil ini. Mereka pasti ingin menjadi karyawan tetap dan mengharapkan pensiun. Masalah yang terjadi di PLN adalah PT yang jadi rekanan penyalur pekerja yang dibayar Rp 3,5 juta oleh PLN. Namun, yang dibayar ke buruh outsourcing hanya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.Hal ini akan berdampak fatal pada pelayanan ke pelanggan PLN menjadi berkurang dan memungkinkan juga terjadinya praktek korupsi dengan alasan pendapatan yang kurang.
"Seperti listrik padam, karena demotivasi buruh tersebut dan yang diuntungkan hanya perusahaan penyalur pegawai," ungkap Rijanto Timbul (Sekretaris Jendral Serikat Pekerja PLN) pada Liputan6.com

Perbedaan ini ibarat anak kandung dan anak tiri, anak tiri banyak bertugas di garda depan dalam pelayanan ke pelanggan. Tindakan di luar ketentuan (menarik upeti, menerima suap) adalah sebagai upaya untuk memperbaiki tingkat penghasilan mereka. Pimpinan PLN dan pemerintah harus secepatnya mengambil tindakan nyata yang tentunya sangat berdampak pada tinggi-rendahnya kinerja karyawan PLN. Karyawan outsourching di mata pelanggan tetaplah dipandang sebagai karyawan asli PLN. Tapi pada kenyataannya ada perbedaan pada mereka. Masalah ini tidak tampak di permukaan tapi bisa menjadi batu sandungan pada program PLN Bersih.




3. Pembinaan Sikap Mental yang Terus Menerus


Semua jajaran PLN, baik karyawan tetap, karyawan oursourcing, dari tingkat rendah hingga Direktur Utama harus mempunyai sikap mental yang baik. Secara intern, mereka yang harus menunjukkan bukti nyata sebagai produk PLN Bersih. Masing-masing pihak bahu-membahu menularkan sikap anti korupsi dan anti suap. Petugas lapangan yang selalu berhadapan langsung dengan konsumen untuk saat ini (menurut pengalaman saya) sudah menunjukkan sikap yang positif. Mereka rata-rata menolak pemberian dari konsumen PLN yang umumnya berupa imbalan. Dan sewaktu kita melapor pada contact center 123, petugas customer service selalu mengingatkan untuk tidak memberi imbalan pada petugas yang mendatangi lokasi gangguan. Harus diadakan semacam pertemuan antar karyawan secara berkesinambungan untuk mendukung gerakan PLN Bersih di lingkungan intern PLN. Sense of belonging karyawan harus ditumbuhkan setinggi mungkin. Mereka harus memiliki PLN, harga diri PLN juga merupakan harga diri mereka.



4. Diumumkannya Karyawan Yang Korupsi

Sebagai tindakan preventif atau pencegahan anti korupsi, untuk karyawan yang terbukti melakukan tindakan korupsi sekecil apapun haruslah diumumkan di lingkungan intern karyawan PLN. Foto karyawan yang bersangkutan dipajang di tiap unit bisnis yang ada di PLN disertai dosa-dosa pelanggarannya. Budaya malu harus digalakkan di tiap insan PLN. Malu melakukan fraud yang merugikan perusahaan. Di tiap unit terkecil dari PLN, perlu diadakan semacam apel kecil setiap pagi, tidak perlu memakan waktu panjang, cukup 15-20 menit untuk menyampaikan gagasan, ide, pendapat dan masukan bagi perbaikan unit terkecil itu termasuk bagi pegawai yang terlibat di dalamnya. Yang berbicara bisa dari pimpinan, atau bawahan sekalipun. Semua di beri kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasannya. Genderang perang terhadap korupsi harus didengungkan setiap hari. 

Pemberian sangsi terhadap karyawan yang terindikasi melakukan korupsi tidak boleh tebang pilih. Besar kecil tetap harus mendapat perhatian yang serius. Saya berpendapat potensi tindakan korupsi terbesar ada di level atas. Di tingkat bawah, korupsi dilakukan kecil-kecilan, di tingkat atas tentulah bernilai besar, modus yang digunakan lebih rapi dan terorganisir.  


5. Pemberian Reward untuk Karyawan Bersih

Tiap bulan atau dalam periode tertentu haruslah dipilih karyawan teladan (bersih) di lingkungan intern PLN. Semacam PLN Award kecil-kecilan. Dari tingkat terendah hingga level tertentu. Penghargaan semacam ini untuk menularkan virus-virus anti korupsi. Duta-duta PLN Bersih ini harus mampu menduplikasi diri untuk lingkungan terdekatnya. Saya berpendapat pemberian penghargaan itu juga disaksikan atau melibatkan keluarga, dalam hal ini istri-istri karyawan PLN. Istri harus juga dilibatkan dalam usaha pemberantasan korupsi di PLN. Para istri harus juga kritis terhadap perilaku suami masing-masing. Pemberian uang atau barang yang tidak sewajarnya harus disikapi dengan sikap selidik dan investigasi kecil-kecilan dari bidadari-bidadari karyawan PLN. Jangan asal terima dan senang saja untuk sesuatu yang mencurigakan itu. Perilaku korupsi bisa juga dipicu dari keinginan untuk menyenangkan keluarga dalam hal ini istri, anak ataupun orang tua. Tidak salah memenuhi keinginan itu, asal sumbernya jelas, tidak menyalahi aturan dan menimbulkan kerugian. Suami-suami sebagai karyawan PLN harus juga punya semangat dan harga diri tinggi untuk menafkahi keluarga, memenuhi kebutuhan dan menyekolahkan putra-putrinya dengan jalan yang halal, yang lebih terhormat meski tidak kaya-kaya amat.

Buku hati bicara haruslah dibuat secara berseri, melibatkan setiap individu karyawan PLN. Setiap unit bisnis PLN harus menerbitkan buku itu dengan penulis karyawan yang ada di unit bisnis tersebut.


6.Sosialisasi Program PLN Bersih Secara Terus Menerus di Lingkungan Intern PLN

 
Agent of change PLN harus bergerak lebih cepat, melingkupi semua lini untuk sosialisasi PLN Bersih. Untuk unit bisnis yang telah mendapat sosialisasi harus mampu menduplikasi lingkungan terdekatnya. Penerapan sosialisasi gaya MLM ini diharapkan mampu mempersingkat waktu dan tercapainya cakupan yang lebih luas. Keluarga karyawan harus juga dilibatkan untuk mendukung PLN Bersih. Sosialisasi juga melibatkan rekanan, perusahaan outsourcing yang menyuplai karyawan kontrak di PLN.
           

Untuk faktor eksternal, Sebagai pelanggan dan konsumen PLN, yang harus dilakukan adalah :
  1. Mendukung dan berusaha menyebar luaskan sosialisasi PLN Bersih di lingkungan terdekat kita. Di teman, keluarga atau tetangga bisa kita jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ini pengalaman pribadi, biasa di lingkungan rumah saya terjadi pemadaman listrik karena kerusakan instalasi jaringan listrik di ujung gang kampung. Warga kampung langsung melaporkan gangguan itu ke contact call 123, respon petugasnya ramah dan berusaha memberi penjelasan dengan detail dan di ujung pembicaraan selalu diingatkan untuk tidak memberi imbalan pada petugas PLN yang datang menangani gangguan. Trouble jaringan di daerah saya seringnya terjadi pada malam hari. Tak lama setelah dilaporkan, satu unit mobil PLN segera datang dan dengan sigap petugas bergantungan di atas tiang listrik, dalam keadaan gelap. Selama hampir satu jam mereka berjibaku mencari jaringan yang trouble yang menyebabkan aliran listrik padam. Secara kemanusiaan kami sebagai warga tentulah punya rasa empati, tak jarang kasak-kusuk di antara kami, membicarakan berapa nominal yang akan kami kumpulkan secara patungan untuk petugas yang datang. Tapi selalu ada warga yang mengingatkan, dan saya pribadi juga berusaha menjelaskan ke meraka bahwa saat ini PLN sedang punya gawe besar, gawe untuk membersihkan badan dan diri PLN dari kotoran korupsi. Jadi sebagai pelanggan harus mendukung program tersebut.  
  2. Tidak memberi imbalan baik berupa uang atau barang kepada petugas PLN yang bertugas menangani perbaikan, pencatatan meteran, atau petugas pemutusan listrik, meski itu dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih. Masyarakat menganggap lumrah memberikan uang atau barang (yang mereka nilai tidak seberapa) kepada petugas. Mulai saat ini, stop memberi itu semua, bukan kita dianggap pelit atau kikir, tapi itu adalah suatu contoh kecil untuk menghindarkan diri dari anggapan kita juga bagian dari korupsi itu sendiri. Pemberian yang tidak seberapa, tapi bila dilakukan secara terus menerus akan melanggengkan budaya korupsi itu sendiri. Oknum PLN akan sedikit-sedikit minta imbalan akan jasa yang mereka beri, padahal untuk itu semua mereka telah menerima gaji bulanan.
  3. Berani melaporkan tindakan korupsi yang dilakukan petugas  PLN, sewaktu menangani complain pelanggan. Sekecil apapun bentuk korupsi itu, kita sebagai pelanggan juga harus jadi pengontrol. Pihak intern PLN tentu tidak akan tahu fraud yang dilakukan jajarannya, bila tidak ada pihak yang mau bekerjasama untuk bersama-sama memerangi kecurangan tersebut. 
  4. Berani melaporkan tindakan pencurian listrik yang dilakukan orang/instansi di sekitar kita. Kita seringkali cuek dan tidak mau tahu terhadap kondisi sekitar yang dipandang menyalahi aturan. Bahkan kadang kita juga mengamini tindakan tersebut. Mulai saat ini, ayo sama-sama menumbuhkan sikap memiliki PLN juga. Pencurian listrik merugikan Negara, merugikan kita juga sebagai pelanggan.
  5. Untuk instansi swasta yang bertindak sebagai rekanan atau penyuplai barang dan jasa kepada PLN, harus juga punya komitmen untuk memberantas korupsi. Janganlah menjadi bagian dari korupsi itu sendiri dengan mengajak atau bekerjasama dalam arti negatif pada karyawan atau oknum pejabat PLN untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok. Pemberian gratifikasi yang berujung pada pemberian proyek-proyek harus di stop. Harus ada pihak yang berani menyuarakan penyimpangan kerjasama “haram” tersebut. Jangan takut untuk tidak mendapat proyek-proyek hasil kongkalikong tersebut. Pengusaha atau rekanan PLN harus juga punya rasa malu dan harga diri.   

WASPADA KORUPSI

Korupsi harus menjadi musuh yang nyata dalam kehidupan kita. Ia tidak hanya menjadi musuh di lingkungan PLN, tapi menjadi musuh bersama. Korupsi memang tidak bisa dihilangkan sama sekali di bumi Indonesia, tapi kita tidak harus berkecil hati untuk membuatnya tidak nyaman bersemayam di tiap dada insan Indonesia. Untuk lingkungan PLN saya punya ide untuk membuat macam-macam tulisan peringatan korupsi yang dipajang di tiap meja karyawan, membuat poster anti korupsi, dan di tiap buku kerja atau agenda karyawan PLN. Contoh tulisan anti korupsi itu ,“Korupsi membuat hidup sengsara, nikmatnya hanya sesaat.”Hasil korupsi tidak untuk anak-cucu, katakan No untuk  barang haram.” Contoh kata lain, “Hidup berkah dan bermartabat tanpa korupsi, “Bangga dengan korupsi, bangga hidup di penjara, bangga hidup sengsara.”  Tiap orang harus bertindak keras terhadap bahaya korupsi. Jangan mentolerir tindakan diri yang berpotensi menimbulkan kerugian meski kecil. Contoh paling sederhana adalah menggunakan waktu kerja dengan efektif dan efisien. Korupsi harus dipahami sebagai musuh dan bukan dipakai sebagai jalan instan untuk kaya, untuk eksis, atau untuk dihargai orang. Mari kita dukung dan sebarkan program PLN Bersih untuk kelangsungan hajat hidup banyak orang. Seperti motto dari PLN "Listrik untuk kehidupan yang lebih baik"

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti kontes “Blogger Dukung PLN Bersih” yang diselenggarakan oleh BLOGdetik dan PLN. Semoga bermanfaat. 

Sumber : www.pln.co.id
               www.plnbersih.com
               www.wikipedia.org


8 komentar:

  1. Selamat yah mbak menjadi salah satu pemenangnya
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, udh lama ternyata beritanya..bru tahu :(

      Hapus
  2. Terima kasih, salam kenal juga. Moga sukses terus ke depannya.

    BalasHapus
  3. Selamat ya mbak, telah menjadi salah satu pemenang.

    BalasHapus
  4. Selamat ya mbak. Tapi boleh koreksi ndak ya? Klu dilihat dari jenis font yang dipakai kenapa kok berbeda. Yang saya tahu adanya font berbeda krn mungkin font yg besar berupa penekanan isi. Yang kedua font besar atau font bukan asli bawaan blog ada indikasi copas. Copas yang tidak ditulis lagi, tapi langsung tempel.
    Jadi alngkah bagusnya jika memang copas menampilkan sumber aslinya. Klu ndak mau ya, tulis dengan bahasa sendiri. Lebih bijak rasanya.
    Tapi saya salut dengan usahanya. Semoga berkah. Nanti kalau ada lomba saya pengen ikutan juga. Biar menang kayak mbak Sulis.
    Thanks

    BalasHapus

  5. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Ace G316-4GB-Hitam Rp.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J1 SM-J100-4GB-Hitam Rp.700.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-

    BalasHapus
  6. tiga tahun berlalu setelah tulisan ini, apakah PLN sudah benar-benar bersih? hehehe

    BalasHapus
  7. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
    Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
    Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
    Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
    Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

    BalasHapus