Sabtu, 28 September 2013

SEHARI DI BANDAR SERI BEGAWAN


Di muat di rubrik "Leisure" Harian Republika, 7 Mei 2013

Perjalanan udara dari Surabaya menuju Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam memakan waktu 2 jam 05 menit, kedua kota berjarak 1391 km. Pesawat Royal Brunei take off pukul 06.30 WIB dan tiba di BSB pukul 09.34 waktu Brunei. Selisih waktu Brunei dan Surabaya satu jam lebih lambat (sama dengan WITA). Menggunakan maskapai Royal Brunei dirasakan penumpang yang sering bepergian ke luar negeri lebih ketat pemeriksaannya. Sejak di Bandara Juanda rombongan saya diingatkan untuk tidak membawa cairan dalam bentuk apapun lebih dari 100 ml, tanpa kecuali. Terlihat beberapa penumpang yang harus berurusan dengan petugas karena dalam tas tentengannya terdeteksi
keberadaan cairan. Mereka harus mengeluarkan semua barang-barang yang ada dalam tasnya tanpa kecuali untuk digeledah petugas, terlihat beberapa penumpang yang menggerutu.

Tiba di Bandar Seri Begawan

Sebelum landing, terlihat dataran Brunei yang hijau dari atas pesawat. Bagai miniatur kota, dengan deretan mobil mewah beraneka warna dan gedung-gedung yang tertata rapi, jauh dari kesan kumuh. Bandara BSB terlihat lengang dibandingkan bandara-bandara lainnya di Asia Tenggara.
 
Luas Brunei Darussalam 5765 km2 setara 1% dari keseluruhan luas Borneo. Dengan jumlah penduduk 422 ribu, sekitar 67% merupakan bangsa Melayu dan sisanya adalah Cina dan ras lainnya. Agama Islam ditetapkan sebagai agama resmi Negara. Jalanan terlihat lengang dan sepi untuk ukuran ibukota sebuah negara. BSB merupakan kota yang tenang, bersih dan tertata rapi.

Sejenak beristirahat di Grand City Hotel yang terletak 9 Lot 25115, Block G, Unit 1-12, Kg. Pengkalan Gadong, Bandar Seri Begawan dengan harga permalam untuk dua orang seharga 74 dollar brunei ( 1 dollar = 8000 rupiah), saya lihat pusat pertokoan, dengan jajaran mobil mewah keluaran Jepang dan Korea, aneka warna berlalu-lalang dan terparkir rapi. Untuk yang berkantong lebih tipis, bisa memilih hotel lain yang banyak tersedia, dari bintang lima atau sekelas losmen dengan harga terjangkau. Bisa cek di www.tripadvisor.co.id. Dari hotel ini ke pusat kota hanya perlu waktu 5 menit perjalanan mobil. Dan ke bandara hanya perlu waktu 5 sampai 10 menit.

Dari sekitar 400 ribu penduduk, menurut pemandu wisata hampir setiap orang memiliki mobil. Dengan harga mobil second 50% lebih murah di banding harga yang umum di Indonesia. Jumlah taxi yang beroperasi di kota BSB hanya sekitar 50 unit. Tidak tampak pengendara motor di jalan-jalan utama kota BSB. Untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di BSB bisa menggunakan taxi, bus sewa atau mobil sewa.

Rombongan City Tour kami menggunaan bus sewaan dari bandara. Tujuan pertama setelah istirahat dan rehat sejenak adalah Masjid Jamiyah Sri Hassanal Bolkiah yang terletak di pusat kota, memakan waktu tidak lebih 10 menit dari hotel.

1.     Masjid Jamiyah Sultan Hassanal Bolkiah
 
Masjid ini pemberian dari Sultan Hassanal Bolkiah, dengan kubahnya berwarna emas mencolok. Dan memang dilapisi emas 24 karat. Bangunan masjid ini terdiri dari 29 kubah dan 29 tangga (berlapis emas juga). Merupakan perlambang dari Sultan yang ke-29. Marmer lantai masjid ini didatangkan khusus dari Italia dan kelas satu. Lampu-lampu gantungnya didatangkan dari Austria. Karpetnya dari New Zealand. Dan kubah emas atau pagarnya banyak didatangkan dari Cina dan Australia. Dikelilingi aneka tanaman hias yang indah, dan kolam berair biru yang sejuk di depan halaman masjid yang mampu menampung 4000-an jamaah. Di samping kiri jalan masuk terlihat tempat penyimpanan sepatu/sandal berbentuk bangunan memanjang dengan dekorasi unik. Sebelum memasuki masjid terpasang papan pengumuman bagi pengunjung tentang peraturan-peraturan yang berlaku, tentunya berbahasa Inggris dan Melayu. Pengunjung masjid ini harus berpakaian sopan, untuk perempuan harus menutup aurat. Dan di dalam masjid dilarang mengambil gambar.
2. Museum Regalia Bandar Seri Begawan
Beranjak dari Masjid Jamiyah Sultan Hassanal Bolkiah, rombongan kami menuju Museum Regalia yang terletak di pusat kota juga. Buka pada hari dan jam kerja seperti umumnya kantor-kantor di BSB. Hari Libur di Brunei Darussalam adalah hari Jum’at dan Minggu, kondisi khusus di hari Jum’at sejak pukul 12.00 – 14.00 aktifitas dihentikan/ tutup untuk memberi waktu pekerja melaksanakan shalat Jum’at.

Begitu memasuki museum, di depan pintu masuk disediakan tempat penyimpanan sepatu/sandal. Pengunjung harus bertelanjang kaki dan semua handphone atau kamera dilarang memasuki ruang utama museum. Tas bawaan pengunjung ditempatkan di dalam boks yang terletak di depan pintu masuk utama museum. Pengunjung diperbolehkan mengambil gambar hanya pada kereta utama pada masa perayaan 25 tahun  Sultan Hassanal Bolkiah berkuasa  di tahun 1992 yang dipanggul oleh 40 orang prajurit berseragam di halaman dalam museum.

Ruang Utama Museum
Kami memasuki ruang utama secara berkelompok, dengan dipandu seorang yang paham akan isi museum. Di ruang awal kami disuguhi potret silsilah raja-raja Brunei Darussalam yang kini mencapai urutan ke-29. Dengan dilengkapi foto diri raja pada tiga raja terakhir. Ruang selanjutnya memuat foto masa kecil Sultan Hassanal Bolkiah beserta keluarga, saat beliau mengaji di surau dan dibimbing seorang ustadzah. Pendidikan agama diajarkan dengan sangat ketat, dan beranjak sekolah menengah sang Sultan berangkat ke Kuala Lumpur beserta adik laki-lakinya.

Di tahun 1965, saat berumur 19 tahun, sang Sultan dijodohkan dengan seorang gadis yang berumur sebaya dan menjadi permaisurinyayang bernama Raja Isteri Pangiran Anak Saleha. Terlihat foto pengantin Sultan dengan Permaisuri yang terlihat selalu menundukkan pandangannya. Menurut pemandu itu merupakan perlambang ketaatan seorang istri terhadap suaminya.

Di tahun 1967, saat Sultan berumur 21 tahun, Beliau dinobatkan sebagai pemangku tahta yang ke -29 dan bergelar Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’lzzaddin Waddaulah Ibni Al-marhum Sultan Haji Omar ‘Ali Saifuddien Sa’adul Khoiri Waddien. Sultan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam. Tentunya gelar terpanjang sepanjang sejarah. Terlihat foto-foto pelantikan Sultan beserta tamu-tamu kehormatan kerajaan termasuk foto mantan Presiden Soeharto beserta Ibu Tien yang menghadiri perayaan 25 tahun bertahtanya Sultan di tahun 1992 (Jubli Perak). Di salah satu ruangan tampak miniatur istana Sultan yang mampu menampung lebih dari 2000 tamu kerajaan, dan terdiri dari 1788 kamar. Tampak warna keemasan dan sangat mewah di sana-sini, dengan karpet berwarna merah.

Di ruangan lanjutnya tampak model baju yang dikenakan sultan dan permaisurinya di saat pelantikan dan saat perayaan 25 tahun. Berupa kain tenun yang sangat indah dan mahal. Ada yang berwarna kuning keemasan dan berwarna merah muda yang anggun serupa dengan baju adat sumatera atau orang melayu.

Ada satu ruangan yang agak luas dan memuat replika kereta kencana yang dipergunakan Sultan pada perayaan 25 tahun berkuasa, berupa kereta emas dengan dipanggul 40 orang prajurit berseragam merah, lengkap dengan tombak dan tameng. Di belakangnya terlihat pasukan penabuh semacam gamelan untuk kemeriahan pesta. Pemandu menjelaskan bahwa semua atribut pesta, termasuk kereta, seragam, kubah atau pernak-pernik lainnya hanya dikhususkan untuk Sultan Hassanal Bolkiah. Untuk pemangku selanjutnya akan berganti kereta dan semua yang menjadi pelengkapnya.

Keluar dari ruangan ini, kita disuguhi aneka souvenir dari pemimpin-pemimpin Negara yang pernah berkunjung ke Brunei Darussalam. Tersimpan dalam ruangan kaca terlihat aneka bentuk pemberian termasuk dari Mantan Presiden Soeharto, Megawati Sukarnoputri, dan cinderamata dari Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Tempat penyimpanan cinderamata ini mengakhiri ruang dalam museum. Sebagai dokumentasi terakhir, saya abadikan gambar kereta kencana bertenaga manusia yang digunakan Sultan sebagai kendaraan saat diarak mengelilingi kota untuk bertatap muka dengan rakyatnya.

 
3. Kampung Air (Kampong Ayer)
Tempat tinggal di atas air yang dihuni sekitar 20.000 orang. Termasuk perkampungan air yang terbesar di dunia. Dengan jumlah mayoritas/ 99% orang Melayu Brunei. Di sini para pengunjung dapat menyewa perahu untuk melihat lebih dekat kondisi kampung air. Tiap jamnya dibanderol 20 – 30 dollar brunei.


           4. The Mall

Merupakan mall terbesar di Brunei Darussalam. Mall ini sekelas dengan ITC di Surabaya. Lantai bawah tempat pedagang Kaki Lima dan baru di lantai atasnya tempat outlet-outlet yang lebih mewah dan mahal. Harga barang di mall ini sedikit mahal dibandingkan harga barang di Surabaya. Barang-barangnya banyak didatangkan dari Cina, Jakarta dan Kuala Lumpur. Money Changer juga mudah ditemukan, ada di lantai bawah. Di Mall ini saya sempat membeli todung segiempat bersiluet biru seharga 2,5 dollar brunei atau Rp.20.000,00 . Lantai bawah banyak melayani pembelian secara partai/grosir seperti umumnya di tanah air. Untuk oleh-oleh berupa gantungan kunci, baju kaos anak-anak atau dewasa bergambar obyek wisata Brunei banyak di jual di mall ini.  Gerimis yang turun dan aroma jagung manis rebus dilumuri mentega membuat saya tergoda untuk membelinya dengan harga 1 dollar Brunei, setara Rp.8000,00. Cukuplah untuk membuat perut ini berhenti bersenandung kecil. Pegawai yang melayani saya  berasal dari Kediri, Jawa Timur yang merantau untuk meraih penghidupan yang lebih baik. Pembicaraan dengan bahasa Jawa membuat beberapa orang penduduk asli tersenyum simpul.
Tidak jauh dari The Mall, terdapat lapangan dengan tenda-tenda besar, di sini tiap sore pukul 16.00 berdiri semacam pasar khusus makanan dengan harga yang terjangkau. Sayangnya rombongan saya tidak mampir ke pasar dadakan yang mirip dengan bazaar tiap menjelang buka puasa di tanah air ini. Terlihat dari jauh, penduduk lokal berwisata kuliner dengan kepulan asap ikan bakar yang membubung.

Menurut pemandu wisata tidak ada makanan khas dari Brunei ini, tetapi yang sering dibicarakan orang-orang adalah Nasi katok atau “ketuk”. Seperti nasi bungkus di tanah air berlauk ayam, daging atau telor dengan sambal yang berharga 1 dollar Brunei. Malam itu kami makan malam dengan menu Indonesia yang banyak disediakan restoran-restoran di sisi selatan kota dengan konsep all you can eat seharga 18 dollar brunei. Tidak terlalu mahal untuk menikmati aneka menu yang disajikan.

Tak terasa hampir 12 jam kami berkeliling kota makmur ini, dan saatnya kami harus ke Bandara Internasional Brunei untuk melanjutkan perjalanan ke Dubai. Ada sedikit harapan di hati, semoga Indonesia dapat mencapai kemakmuran seperti negeri kecil ini, dengan kesantunan penduduk lokalnya dan budaya Islam yang sangat kental.
                         
Suasana bandara yang lengang
                                       
                                         
Mobil mewah aneka warna


                                     

                                       
Berfoto di depan Masjid
                                                 
Peraturan masuk ke dalam masjid 


                                        
  
Tangga masuk yang berjumlah 29, dan berlapis emas
                                      
Kereta yang dipakai untuk upacara pengukuhan Sultan Bolkiah
                                   

                                         
                                         
Suasana Kampung Air

10 komentar:

  1. kurang puas mbk kayaknya belum komplit. maklum penasaran untuk yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbak, maunya cerita banyak lagi, tapi terbentur syarat penulisan, yang maksimal 11.000 karakter

      Hapus
  2. berkunjung ke tempat lain, memang banyak yg bisa diceritakan, mengundang orang jadi pingin kesana he

    BalasHapus
  3. tiap negara memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang membuatnya menjadi layak dikunjungi

    BalasHapus

  4. MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 SPESIAL HARGA PROMO TERBARU & TERPERCAYA DI GUNUNG MAS PONSEL : Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor. dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya. klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Ace G316-4GB-Hitam Rp.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy J1 SM-J100-4GB-Hitam Rp.700.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000
    Ready Stock ! Sony Xperia M4 Aqua-Putih Rp.1.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Z3-Hitam Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Sony Xperia T2 Ultra Dual Sim-Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Bold 9900 Dakota Rp.800.000,
    Ready Stock ! Blackberry Z30 16GB-Putih Rp.1.500.000,
    Ready Stock ! Sony Xperia Z3 Compact 16GB-Putih Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry bellagio 9790 Rp.700.000
    Ready Stock ! BlackBerry 9720 Samoa 512MB-Putih Rp.900.000,-
    Ready Stock ! BlackBerry Q5 8GB-Putih Rp.1.000.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Q10 Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Blackberry Z10 16GB-Putih Rp.1.000.000,-

    BalasHapus
  5. bagus banget, bersih dan indah

    BalasHapus
  6. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    BalasHapus
  7. Salam Sejahterah Bagi Kita Semua...
    Mohon Maaf Bilah Kedatangan Aku Mengganggu Namun Apa Yang Aku Tulis Ini Kisah Nyata Aku Dan Semoga Ada Nya Pesan Singkat Ini Bisa Bermanfaat Kepada Anda Semua.. Aku Sangat Berterima Kasih Banyak Kepada Teman" TKW Dan TKI Berkat PostinganNya Saya Bisa Kenal Dengan Abah Cahyono, Ternyata Beliau Guru Spiritual Yang Sering Membantu Orang Melalui Nomer Togel 4D/5D/6D, Dana Gaib, Pelaris, Pelet, DLL.. Alhamdulillah Aku Sudah Pulang Kampung Membuka Usaha Kecil"Lan Berkat Bantuan Abah Cahyono Melalui Bantuan Dana GaibNya Sebesar 1 Milyard Hidup Aku Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.. Anda Perlu Berhati Hati Sekarang Sudah Banyak Modus Penipuan Yang Mengatas Namakan Anggota Dari Abah Cahyono, Siapa Tahu Ada Teman Butuh Bantuan Beliau Silahkan Hubungi Di Nomer PribadiNya +6285213737273 Siapa Tahu Beliau Masih Bisa Membantu Anda..




    BalasHapus
  8. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
    Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
    Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
    Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
    Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

    BalasHapus
  9. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu..
    Izinkan saya berbagi cerita disini siapa tahu bisa bermanfaat. Perkenalkan nama saya fajar fauzan dari surabaya saya hadir disini semata-mata hanya ingin berbagi cerita sukses saya melalui adanya uang gaib/bank gaib karena sekarang sudah banyak penipuan yang mengaku bisa membantu melalui pesugihan uang gaib tanpa tumbal tapi hasilnya nol. Saya sangat berterima kasih banyak kepada bpk H. Abdul cahyono yang sudah membantu saya melalui bantuan uang gaib sehingga hidup saya sangat jauh lebih baik dari sebelumnya, padahal awalnya saya cuma buka internet mencari lowongan kerja keluar negri kok ketemu situs beliau, saya baca semua isi situs tersebut dan saya langsung telepon beliau akhirnya saya bergabung, singkat cerita selama 3 hari saya menunggu saya dapat telepon dari beliau untuk cek dananya saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebanyak 3 milyar lebih dan alhamdulillah sekarang saya sudah buka usaha di kampung, udah gak ada niat mau kerja ke luar negri.. Saya informasikan kpd anda yang ingin seperti saya butuh bantuan bpk H. Abdul cahyono silahkan kunjungi situs beliau di http://uanggaibasliinstan.blogspot.com atau langsung hubungi di nomer +6285213737273 / whatsapp 085213737273 saya cuma kasih solusi barang kali bisa mengikuti jejak saya. Terima kasih...



    BalasHapus